HARI
JAM
MENIT
DETIK

MENUJU PON PAPUA 2020

Warga pedalaman Mimika sudah bisa mengakses internet

Ilustrasi akses internet – Pexels.com

 

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Timika, Jubi – Warga yang bermukim di tiga distrik atau kecamatan di wilayah pedalaman dan pesisir Kabupaten Mimika, Provinsi Papua, sudah bisa menikmati layanan internet. Sejumlah Distrik itu meliputi Agimuga, Jita dan Mimika Barat Jauh.

“Sebenarnya ada empat distrik yang sudah dilakukan pemasangan VSAT. Sampai sekarang baru tiga distrik yang sudah beroperasi, sementara satu distrik lain, yaitu Jila, sampai sekarang belum beroperasi karena masih dalam tahap perbaikan,” kata Kepala Bidang Penyelenggara E-Government,  Diskominfo Mimika, Maria Rettob, Senin, (24/2/2020).

Baca juga : Berburu internet di Wamena

Berburu internet di Wamena

Kondisi perpustakaan SMP di era internet

Loading...
;

Pemasangan jaringan VSAT pada empat distrik pedalaman dan pesisir Mimika itu dilakukan sejak Desember 2019. Sebagian telah beroperasi sejak Desember dan beberapa lagi baru mulai dioperasikan sejak Januari lalu. “Keberadaan fasilitas internet tersebut disambut positif oleh masyarakat setempat, meskipun jangkauan jaringan tersebut hanya ada di sekitar kantor ibu kota distrik,” kata Rettob menambahkan.

Ia menjelaskan warga yang hendak berkomunikasi dengan keluarga atau kerabat mereka di Timika bisa mendatangi masing-masing kantor ibu kota distrik untuk memanfaatkan jaringan VSAT tanpa dipungut uang.

Sedangkan beberapa distrik lain yang belum terlayani fasilitas internet seperti di Amar, Mimika Barat Tengah dan Mimika Timur Jauh, Diskominfo Mimika berencana untuk memasang fasilitas Based Trasceiver Station (BTS). (*)

Editor : Edi Faisol

Baca juga artikel lainnya dari

Loading...
;

Berita terkait

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Trending today

Ads

Terkini

Foto

Rekomendasi

Follow Us

Instagram (jubicoid)

Scroll to Top