Warga positif korona Papua Barat bertambah 20

ARNOLD TINIAP PAPUA BARAT
Juru bicara Gugus Tugas Covid-19 Papua Barat, dr. Arnold Tiniap - Jubi/Hans Arnold Kapisa
Arnold Tianiap Papua
Juru bicara Gugus Tugas Covid-19 Papua Barat, dr. Arnold Tiniap – Jubi/Hans Arnold Kapisa

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Manokwari, Jubi – Jumlah warga positif virus korona di Provinsi Papua Barat bertambah 20 menjadi 152 orang.

“Hari ini Papua Barat kembali terjadi penambahan 20 kasus baru. Tambahan ini berasal dari Kota Sorong 18 dan dua dari Teluk Bintuni,” kata juru bicara Pemprov Papua Barat pada gugus tugas percepatan penanganan COVID-19, Arnoldus Tiniap pada jumpa pers secara virtual, Kamis (28/5/2020).

“Ada juga penambahan satu kasus dari Kaimana tapi belum direkap sehingga belum bisa kami laporkan,” ujarnya menambahkan.

Ia mengutarakan, 20 kasus baru ini merupakan hasil ​​​​ pelacakan dari pasien yang tergabung dari kluster sebelumnya. Transmisi lokal sudah terjadi di Papua Barat sehingga masyarakat diminta lebih waspada dengan menerapkan protokol kesehatan.

Arnoldus mengungkapkan, pemerintah pusat akan segera menerapkan tatanan kehidupan normal baru (new normal) dalam kondisi pandemi Covid-19. Dalam situasi tersebut masyarakat dituntut untuk menerapkan protokol kesehatan secara ketat.

“Seluruh aktivitas akan dibuka seperti biasa, maka protokol kesehatan wajib diterapkan. Presiden menginginkan kita tetap produktif, namun terhindar dari penularan Covid-19,” ujarnya lagi.

Berdasarkan laporan dari kabupaten/kota, penularan masih terjadi di Papua Barat dengan curva yang cenderung mengalami peningkatan dari hari ke hari. Kepatuhan masyarakat dalam menjalankan protokol kesehatan menjadi faktor cukup besar terhadap perkembangan dan penurunan kasus korona di provinsi ini.

Loading...
;

“Wacana normal baru membawa tantangan besar bagi Papua Barat. Ada yang setuju dan ada yang tidak setuju, namun kalau itu sudah menjadi keputusan pusat semua daerah harus siap,” kata Tiniap.

Hingga Kamis 28 Mei 2020, di Papua Barat virus korona jenis baru ini sudah ditemukan di Kota Sorong, Kabupaten Sorong, Raja Ampat,Teluk Bintuni, Manokwari, Teluk Wondama, Fakfak dan Manokwari Selatan.

Di Kota Sorong terdapat 50 kasus positif, Kabupaten Sorong 32, Raja Ampat 16,Teluk Bintuni 40, Manokwari delapan, Teluk Wondama tiga, Fakfak satu dan Manokwari Selatan satu kasus.(*)

Editor: Angela Flassy

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top