HARI
JAM
MENIT
DETIK

MENUJU PON PAPUA 2021

Warga sangsikan komitmen perlindungan sagu

Warga Papua mengolah sagu menjadi bahan pangan – dok. Jubi.

Papua No.1 News Portal | Jubi

Sentani, Jubi – Bupati Mathius Awoitauw meyakinkan penyelenggaraan Pekan Olahraga Nasional (PON) 2020 bakal mendatangkan manfaat besar bagi masyarakat Kabupaten Jayapura. Untuk itu, dia meminta masyarakat mendukung kesuksesan penyelenggaraan iven nasional tersebut.

Bupati Awoitauw menyatakan itu, terkait penolakan warga terhadap rencana pembangunan jalan pendukung PON di Kampung Nolokla, Distrik Sentani Timur. Mereka khawatir proyek tersebut menggusur lahan persaguan mereka.

“Kita sudah memiliki Perda Perlindungan Hutan Sagu. Setiap sagu yang ditebang wajib hukumnya (diganti untuk) ditanam kembali,” kata Awoitauw, seusai Sidang Paripurna DPRD Kabupaten Jayapura, Senin (25/11/2019).

Dia mengatakan PON 2020 hanya salah satu agenda besar yang diselenggarakan di wilayahnya. Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jayapura juga mendukung dan siap menyambut penyelenggaraan iven nasional lain. “Kami mendorong masyarakat lebih kreatif mempersiapkan diri dalam menyambut kegiatan-kegiatan besar (nasional).”

Komitmen Pemkab Jayapura dalam melindungi hutan sagu diragukan masyarakat Nolokla. Mereka tetap menentang rencana pembangunan jalan yang bakal melintasi hutan sagu mereka.

“Kami ragu dengan (komitmen) pemerintah daerah. Hutan sagu ini sudah ada sejak (zaman) nenek moyang kami, dan luasannya juga tidak besar.  Kalau (hutan sagu) digusur, ke mana masyarakat akan mencari nafkah,” kata tetua adat Kampung Nolokla Derek Ansaka.

Loading...
;

Kekhawatiran serupa diungkapkan seorang warga Nolokla, Adonia Ongge. “Sa punya suami tra punya pekerjaan tetap (suami saya tidak memiliki pekerjaan tetap). Hutan sagu ini sudah menjadi (semacam) kantornya untuk menghidupi keluarga kami.” (*)

 

Editor: Aries Munandar

Baca juga  Pemekaran, kesempatan atau kesempitan

Berita dari Pasifik

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Instagram (jubicoid)

Scroll to Top

Pace Mace, tinggal di rumah saja.
#jubi #stayathome #sajagako #kojagasa