Follow our news chanel

Previous
Next

Warga Sanoba keluhkan pengurangan jatah  Raskin, ini penjelasan Dinsos Nabire

Warga Sanoba keluhkan pengurangan jatah  Raskin, ini penjelasan Dinsos Nabire 1 i Papua
Zakeus Petege, Sekretaris Dinas Sosial Kabupaten Nabire – Jubi/Titus Ruban.

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Nabire, Jubi – Warga Kampung Sanoba, Distrik Nabire keluhkan pembagian raskin yang dinilai tak sesuai dengan jumlahnya. Biasanya, dalam sebulan warga setempat harus menerima 10 kg, namun terakhir pada Agustus, yang diterima hanya 5 kilogram saja.

Sekretaris Dinas Sosial Kabupaten Nabire, Zakeus Petege membenarkan jika ada warga Kampung Sanoba yang mengeluh karena raskin yang diterima berkurang.  “Iya benar. Ada warga datang mengeluh, ” ujar Petege untuk Jubi di Nabire. Selasa (03/09/2019).

Menurut Petege, seharusnya hal ini tidak terjadi. Sebab jatah 10 kg perbulan adalah hak masyarakat penerima manfaat. “Tidak boleh seperti itu. Nanti kami akan bicarakan dengan aparat kampung,” ucapnya.

Untuk triwulan tiga ini, menurutnya hanya dua bulan diterima. selanjutnya, mulai September ini Raskin ditiadakan dari kementerian. “Tidak ada lagi raskin. Sekarang yang diterima masyarakat adalah Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) berupa barang, ” terangnya.

Saat ini, yang bisa dilakukan Pihak Dinsos adalah pemutahiran data sambil menunggu petunjuk dari pusat. “Kita lagi persiapkan data dan tunggu petunjuk dari pusat untuk pelaksanaannya, ” tutur Petege.

Sebelumnya, seorang warga RT 07 kampung Sanoba, Yori Kombanusi mengeluh. Sebab pembagian raskin bulan Juli -Agustus telah dikurangi dari biasanya 10 Kg menjadi 5 Kg.

Loading...
;

Dia juga bilang, yang tidak memuaskan adalah adanya keluarga pejabat bisa ikut menerima raskin. Hal ini juga disoroti warga lainnya.

“Jadi bukan saya saja. Ada tetangga juga yang heran sebab keluarga pejabat bisa keluar dari kantor kampung dengan beberapa karung beras. Dan kami warga biasa harus terima yang kurang,” tandasnya.

Untuk bulan – bulan sebelumnya tidak seperti ini kata Yori. Masyarakat utuh menerima raskin 10 kg perbulan dan satu triwulan 30 kg. “Dulu tidak seperti ini, hanya triwulan ini saja, ” pungkasnya. (*)

Editor: Syam Terrajana

 

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top