Follow our news chanel

Warga tangkap buaya di danau Meduyan

Ilustrasi, pixabay.com
Warga tangkap buaya di danau Meduyan 1 i Papua
Ilustrasi, pixabay.com

Meresahkan warga  dan kerap menampakan diri di permukaan air danau.

Papua No. 1 News Portal | Jubi itu

Rengat, Jubi– Warga Kabupaten Indragiri Hulu, Provinsi Riau, berhasil menjerat buaya sepanjang tiga meter di objek wisata Danau Meduyan Kota Lama. Penangkapan buaya itu dilakukan karena selama ini meresahkan warga  dan kerap menampakan diri di permukaan air danau.

“Buaya dijerat dengan tali, tidak meninggalkan bekas karena caranya unik,” kata salah satu warga Kota Lama, Kecamatan Rengat Barat, Sondang, Minggu, (30/6/2019).

Baca juga : Buaya muara bertelur di kebun milik warga

KLHK evaluasi penangkaran buaya di Sorong

Ini sejumlah kerajinan kulit buaya asal Jayapura

Loading...
;

Buaya tersebut berhasil ditangkap warga pada Sabtu (29/6/2019) pukul 19.30 WIB malam. Hewan jenis predator tersebut memiliki panjang tubuh tiga meter lebih dengan jenis kelamin jantan. Masyarakat selama ini selalu diusik oleh tiga ekor buaya yang berada di Danau Meduyan Kota Lama. Ada yang berwarna putih, hitam dan coklat, sedangkan yang tertangkap adalah berwarna hitam besar.

Kepala Desa Kota Lama, Herman Syukur, mengatakan buaya tersebut berhasil ditangkap berkat upaya masyarakat sekitar dengan menggunakan perangkap tradisional dibuat sedemikian rupa. “Perangkap sudah dipasang tiga hari lalu, ditangkap malam hari karena kebetulan dia keluar dari air dan masuk ke perangkap,” jelas Herman.

Menurut Herman, saat penangkapan warga juga sedikit kesulitan untuk melakukan pengikatan karena buaya itu bersikap agresif.

“Butuh waktu dan bantuan warga sehingga berhasil menangkapnya, saat ini buaya sudah berada di rumah salah satu warga,” ujar Herman menjelaskan.

Tertangkapnya buaya itu diharapkan ketakutan masyarakat sedikit mereda, karena buaya di Wisata danau Meduyan Desa Kota Lama Kecamatan Rengat Barat, sering meneror warga sekitar.

Ia mengatakan pihaknya sudah melaporkan penangkapan buaya itu kepada Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Riau.

Meski belum sempat melukai warga, keberadaan buaya di danau yang banyak dikunjungi warga itu menjadi sesuatu yang menakutkan. Mereka khawatir jika sedang bersantai di tepi danau kemudian disergap buaya. “Apalagi beberapa waktu lalu di Kabupaten Siak, terdapat seekor buaya sadis yang menelan seorang warga hidup-hidup. Beritanya sempat viral hingga membuat warga di tepi Danau Meduyan ketakutan,” katanya. (*)

Editor : Edi Faisol

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top