Warga Tonga didesak untuk segera daftar pemilu

Ketua Komisi Pemilihan Umum Tonga, Pita Vuki. - Nuku’alofa Times

Papua No.1 News Portal | Jubi

Nuku’alofa, Jubi – Warga negara Tonga yang sudah memenuhi syarat untuk berpartisipasi dalam pemilu telah diminta untuk segera mendaftarkan diri sebagai pemilih pada pemilu 18 November mendatang di Tonga.

Hal itu disampaikan oleh Ketua Komisi Pemilihan Umum Tonga, Pita Vuki, Senin pekan lalu (18/10/2021).

“Orang-orang harus tahu bahwa mereka punya kesempatan untuk memilih perwakilan dan pemerintah mereka dalam pemilu mendatang, dan mereka harus menggunakan hak mereka itu dengan memilih,” tegas Vuki kepada perwakilan media di sebuah lokakarya pra-pemilu.

“Itu adalah poin penting yang harus dipahami oleh orang-orang.”

Dia menerangkan bahwa mereka yang sekarang berusia 21 tahun tetapi belum terdaftar untuk memilih masih dapat mendaftar diri sekarang, daftar pemilih yang berisikan nama-nama tambahan yang baru terdaftar dijadwalkan untuk diterbitkan pada 4 November.

Saat ini sudah ada 60.414 pemilih yang terdaftar di daftar pemilih, dimana ada 29.496 laki-laki dan 30.918 perempuan.

Di Pulau Tongatapu saat ini ada 42.477 pemilih, sementara di Vava’u jumlahnya 9.168. Pemilih terbanyak berada dalam kelompok usia 31-40 tahun, yang saat ini berjumlah 15.823 orang. Jumlah pemilih yang berusia antara 21 sampai 30 tahun adalah 10.498.

Loading...
;

Vuki menekankan pentingnya orang-orang untuk segera mendaftar jika mereka berusia 21 tahun, karena mereka yang tidak mendaftar dapat dikenakan sanksi. Ia juga menambahkan bahwa sangat penting bagi semua masyarakat untuk memilih dan menyalurkan suara mereka tentang siapa yang dapat mewakili mereka di Parlemen.

Sementara itu, sebanyak 74 caleg telah mengkonfirmasikan bahwa mereka akan maju dalam pemilu besok. Jumlah ini kurang dari 86 caleg yang mengikuti pemilu 2017.

Vuki menambahkan bahwa jumlah caleg di negara itu terus menurun sejak 2010.

Penurunan ini juga terjadi untuk jumlah caleg perempuan yang mencalonkan diri dalam pemilu selama empat pemilu terakhir. Tahun ini hanya 12 kandidat perempuan yang maju. (Nuku’alofa Island Times/PACNEWS)

 

Editor: Kristianto Galuwo

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Trending

Terkini

JUBI TV

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top