Wartawati di Kota Sorong terluka saat liput aksi peringatan hari kemerdekaan Papua

papua-jurnalis-kekerasan
Ketua FJPI Papua Barat, Olha Mulalinda,  korban aksi massa di kota Sorong saat mendapatkan pertolongan medis. (Jubi/IST).

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Sorong, Jubi – Seorang wartawati yang juga Ketua Forum Jurnalis Perempuan Indonesia (FJPI) Papua Barat, Olha Mulalinda, jadi korban dalam aksi massa pada 27 November 2020 di Kota Sorong, Papua Barat,  memperingati hari kemerdekaan negara Republik West Papua.

Informasi yang dihimpun Jubi, Olha mengalami luka di bagian bawah mata kiri, diduga terkena tembakan katapel.
Ketua Ikatan Jurnalis Televisi Indonesia (IJTI) Papua Barat, Chanry Andrew Suripatty menyesalkan tindakan oknum yang dengan sengaja melukai seorang jurnalis (wartawati) saat melakukan tugas peliputan di tempat kejadian.

“Informasi yang saya terima, korban ini wartawati saat itu sedang melakukan tugas peliputan di lokasi aksi, tiba-tiba mendapat serangan tembakan katapel dari orang tak dikenal, saat kepolisian setempat memukul mundur kelompok aksi yang melakukan demonstrasi di depan Ramayana Kota Sorong,” ujar Chandri kepada Jubi via ponselnya, Jumat (27/11/2020).Dia meminta agar aparat kepolisian setempat segera mengungkap pelakunya.

“Sikap tersebut adalah sangat tidak terpuji karena tugas wartawan dilindungi undang-undang sehingga apa pun yang terjadi, Warga mau pun polisi harus melindungi profesi jurnalis,” ujarnya.

Senada, Ketua FJPI Kota Manokwari, Fenti Rumbiak, mendesak polisi segera mengungkap pelaku penembak ketapel terhadap wartawati di Kota Sorong itu.

“Secara profesi dan organisasi FJPI, kami mendesak aparat kepolisian untuk menangkap pelaku dan diproses hukum,” tukas Rumbiak.

Olha Mulalinda tercatat sebagai jurnalis media online sorongnews.com, serta kontributor pada Antara Foto dan wartaplus.com.

Loading...
;

Hingga berita ini ditayang, korban dikabarkan telah menjalani perawatan medis, namun belum ada keterangan lebih lanjut dari Polres Kota Sorong atas insiden tersebut. (*).

Editor: Syam Terrajana

 

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top