Follow our news chanel

Waspada, dalam sepekan ini Papua dan Papua Barat bisa diguyur hujan lebat

Foto ilustrasi, genangan air hujan. - pixabay.com
Waspada, dalam sepekan ini Papua dan Papua Barat bisa diguyur hujan lebat 1 i Papua
Foto ilustrasi, genangan air hujan. – pixabay.com

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Jakarta, Rabu – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika atau BMKG memprakirakan Papua berpotensi diguyur hujan lebat dan mengalami cuaca ekstrem pada 1 – 7 Januari 2020.

Wilayah Papua Barat juga berpotensi mengalami hujan lebat dan cuaca ekstrem pada 5 – 7 Januari 2020.

Hal itu disampaikan Deputi Bidang Meteorologi BMKG R Mulyono Rahadi Prabowo dalam keterangan tertulisnya kepada Kantor Berita Antara, Rabu (1/1/2020). Menurut analisa BMKG, kondisi itu dipicu oleh fenomena atmosfer berskala regional hingga lokal, termasuk aktifnya Monsun Asia.

Monsun Asia memicu peningkatan pasokan massa udara basah di sejumlah wilayah Indonesia. Monsun Asia juga berperan membentuk pola konvergensi, dan memperlambat kecepatan angin di beberapa wilayah.
Suhu permukaan laut di wilayah perairan tropis yang cukup hangat akan menambah pasokan uap air di udara. Pasokan uap air yang tinggi itu merangsang pembentukan awan hujan. Kondisi itu juga memunculkan fenomena gelombang atmosfer (Equatorial Rossby Wave dan Kelvin Wave) signifikan di sekitar wilayah Indonesia.
BMKG mengimbau warga berhati-hati dan mewaspadai kemungkinan terjadi banjir di Papua dan sejumlah wilayah lain di Indonesia. Pada 1 – 4 Januari 2020, hujan lebat dan cuaca ekstrem berpotensi terjadi di Papua, Lampung, Banten, Jawa Barat, DKI Jakarta, Jawa Tengah, Jawa Timur, dan Daerah Istimewa Yogyakarta, Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, Kalimantan Timur, Kalimantan Tengah, Sulawesi Utara, Sulawesi Tengah, Sulawesi Barat, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, dan Maluku.

Selanjutnya, dari 5 sampai 7 Januari 2020, cuaca ekstrem dan hujan lebat diprakirakan terjadi di Papua, Papua Barat, Bengkulu, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Daerah Istimewa Yogyakarta, Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, Kalimantan Barat, Sulawesi Selatan, dan Maluku.

Potensi hujan lebat dan cuaca ekstrem di Papua dan Papua Barat itu meningkatkan risiko bencana lain. BMKG meminta warga mewaspadai risiko bencana tanah longsor dan terjadinya angin kencang selama cuaca ekstrem dan hujan lebat.
Hujan deras yang turun sejak Selasa (31/12) telah menyebabkan banjir di sejumlah wilayah Indonesia. Pada Rabu, banjir melanda sebagian wilayah DKI Jakarta, Tangerang, Bogor, Depok, Tangerang Selatan, dan Bekasi. Banjir juga terjadi di Labuhan Batu di Sumatera Utara, serta di Lahat, Sumatera Selatan. Selain itu, wilayah Bandung Barat di Jawa Barat seta Jalan Tol Cipali Km 136 Indramayu di Jawa Barat juga kebanjiran.(*)

Loading...
;

Editor: Aryo Wisanggeni G

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top