Follow our news chanel

Previous
Next

Waspadai penyakit akibat musim pancaroba

Waspadai penyakit akibat musim pancaroba 1 i Papua
Ilustrasi Nyamuk Aedes aegypti – pixabay.com

Papua NO.1 News Portal | Jubi

Biak, Jubi –Warga diminta mewaspadai musim pancaroba di Biak Numfor. Perubahan cuaca tersebut berpotensi menimbulkan dampak terhadap kesehatan, seperti infeksi saluran pernapasan akut (ISPA), demam berdarah, dan diare.

“Untuk mencegah penyakit dampak perubahan cuaca, diperlukan pencegahan dini. Warga harus menjaga lingkungan rumah tinggal supaya senantiasa bersih dan sehat,” kata Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Biak Numfor, Daisy Ch Urbinas, Sabtu (2/11/2019).

Urbinas berharap warga mengubur kaleng dan barang bekas lain yang dapat menjadi wadah atau sarang perkembangbiakan nyamuk Aedes aegypti. “Kaleng dan botol yang tidak terpakai harus dibuang di tempat sampah sehingga mencegah daur hidup nyamuk.”

Dia mengaku mereka telah menyosialisasikan penerapan pola hidup bersih dan sehat untuk mencegah penyebaran penyakit selama musim pancaroba. Sosialisasi, di antaranya melibatkan para petugas yang bersiaga di 21 puskesmas.

“Warga juga diajak memperhatikan asupan makanan bergizi dan vitamin, konsumsi buah-buahan, dan beristirahat yang cukup untuk meningkatkan kekebalan tubuh. Selain itu, rutin berolahraga,” kata Urbinas.

Berdasarkan pemantauan di Kota Biak dan wilayah sekitarnya, cuaca sepanjang Sabtu berkondisi mendung dan disertai hujan gerimis. Kondisi tersebut tidak mempengaruhi aktivitas keseharian warga. (*)

Loading...
;

 

Editor: Aries Munandar

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top