Follow our telegram news chanel

Previous
Next
Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Yahukimo tetapkan 30 Oktober sebagai Hari Rekonsiliasi Suku

Papua No. 1 News Portal | Jubi ,

Dekai, Jubi – Pemerintah Yahukimo menetapkan 30 Oktober diperingati sebagai hari libur rekonsiliasi suku atau perdamaian antar kelompok. Bupati Yahukimo Abock Busup mengatakan penetapan ini untuk mengenang peristiwa yang terjadi pada 6-8 Oktober lalu sehingga tak ada lagi kelompok yang bertikai.

“Saya menetapkan 30 Oktober sebagai hari perdamaian untuk diperingati setiap tahun untuk mengenang kembali peristiwa yang sudah terjadi,” kata Bupati Rabu (31/10/2018) saat dihubungi Jubi.

Yahukimo tetapkan 30 Oktober sebagai Hari Rekonsiliasi Suku 1 i Papua

Penetapan ini, kata Bupati akan diperingati setiap tahun dengan menggelar ibadah perdamaian antar warga dan pemerintah. Selain itu, setiap peringatan tiba, seluruh aktivitas di Yahukimo akan diliburkan. Penetapan ini pun tertuang dalam surat keputusan Bupati Yahukimo nomor 185 tahun 2018 tertanggal 24 Oktober 2018.  

“Karena itu, tanggal 30 Oktober 2018, jadi hari bersejarah dan kami akan ibadah setiap tahun. Maka itu jangan lupa untuk ibadah untuk warga yang jadi korban,” kata Bupati Abock.

Peringatan ini diharapkan mampu menjadi sarana bagi warga untuk saling menghormati antar kelompok serta suku dan menghindari adanya pertikaian. Jika ada pelanggaran yang terjadi, Bupati mengimbau kepada masyarakat untuk menyerahkan prosesnya kepada aparat kepolisian.

“Denda tidak ada, jika ada terjadi masalah maka proses hukum (hukum positif) saja. Maka itu Pemerintah akan buat peraturan daerah (perda),” kata Bupati.

Loading...
;

Sementara itu, Kapolres Yahukimo, AKBP Angling Guntoro mengharapkan kepada masyarakat Yahukimo agar menjaga keamanan di Kota Dekai bersama-sama. Menurutnya, menjaga keamanan tak hanya menjadi tugas aparat kepolisian, tapi juga dibutuhkan peran serta dari masyarakat.

“Wilayah ini aman ada pada kita bersama, maka itu mari kita jaga keamanan bersama,” ujar Kapolres.

Angling  berharap pula, perdamaian ini tak hanya menjadi slogan, maka itu ia mengajak semua pihak menciptakan perdamaian, melalui kelompok dan sukunya masing-masing, agar pembangunan di Kabupaten Yahukimo bisa semakin pesat. (*)

Klik banner di atas untuk mengetahui isi pengumuman

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top