HARI
JAM
MENIT
DETIK

MENUJU PON PAPUA 2021

Yan Piet Suramaja dituntut 8 bulan  penjara, PH siapkan nota pembelaan

Foto ilustrasi - pixabay.com
Foto ilustrasi – pixabay.com

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Jayapura, Jubi – Terdakwa kasus perusakan barang yang terkait dengan amuk massa 29 Agustus 2019, Yan Piet Suramaja, dituntut delapan bulan penjara oleh jaksa penuntut umum Haris Khair. Tuntutan itu disampaikan Haris dalam sidang di Pengadilan Negeri Jayapura pada Senin (27/1/2020).

Sidang perkara Yan Piet Suramaja pada Senin dipimpin ketua majelis hakim Alexander Tetelepta, bersama hakim anggota Korneles Waroi dan Roberto Naibaho. Dalam sidang itu, jaksa penuntut umum (JPU) Haris Khair meminta hakim menyatakan terdakwa terbukti bersalah melakukan kekerasan secara bersama-sama dalam amuk massa 29 Agustus 2019.

Haris mengatakan, terdakwa terbukti membawa alat tajam berupa kapak di dalam tas yang dibawanya saat ia ditangkap polisi di Kota Jayapura. Di dalam tas itu juga terdapat bendera bintang kejora.

“[Kami] meminta kepada majelis hakim untuk menjatuhkan hukuman pidana [penjara] selama delapan bulan kepada terdakwa, dikurangi masa tahanan selama terdakwa ditahan. Selain itu, terdakwa dibebankan membayar uang perkara sebesar 5 ribu rupiah kepada negara,” kata Haris saat membacakan surat tuntutannya.

Menanggapi tuntutan itu, penasehat hukum terdakwa, Fatiatulo Lazira meminta majelis hakim memberikan kesempatan bagi pihaknya untuk menyusun nota pembelaan bagi Yan Piet Suramaja. “Kami akan ajukan nota pembelaan menanggapi tuntutan JPU pada tanggal 4 Februari 2020 mendatang,” kata Fatiatulo di depan majelis hakim.

Hakim Alexander Tetelepta selaku ketua majelis hakim menyetujui permintaan Fatiatulo Lazira. Ia menyatakan menunda sidang hingga 4 Februari 2020, untuk mendengarkan pembacaan nota pembelaan bagi Yan Piet Suramaja.(*)

Loading...
;

Editor: Aryo Wisanggeni G

 

 

 

Berita dari Pasifik

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Instagram (jubicoid)

Scroll to Top

Pace Mace, tinggal di rumah saja.
#jubi #stayathome #sajagako #kojagasa