Follow our news chanel

Previous
Next

Yanto Basna, dari SSB Numbay Star ke Liga I Thailand

Yanto Basna saat berlatih bersama Klub Liga 1 Thailand Prachuap FC - Jubi/Facebook Prachuap FC
Yanto Basna, dari SSB Numbay Star ke Liga I Thailand 1 i Papua
Yanto Basna saat berlatih bersama Klub Liga 1 Thailand Prachuap FC – Jubi/Facebook Prachuap FC

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Jayapura, Jubi –  Yanto Basna dan Terens Puhiri adalah dua pemain jebolan Sekolah Sepakbola (SSB) Numbay Star Kota Jayapura dibawah asuhan mendiang pelatih Amos Makanway.

Pelatih Amos Makanwai selalu memuji kedua anak didiknya, Terens dan Yanto, karena kemampuan mengolah si kulit bundar sejak usia belia. Sama sama pula membawa SSB Numbay Star juara Danone Papua ketika itu.

Yanto Basna ketika masih memperkuat Persib Bandung, kepada Jubi mengakui kalau peran pelatih mendiang Amos Makanwai sangat berarti baginya, juga peran Terens Puhiri. Kedua pemain ini sama-sama pula berguru selama setahun di Uruguay, sempat bersama bermain di Liga Thailand.

Hanya saja Terens Puhiri harus kembali ke Borneo FC setelah bermain hanya setahun di Liga Thailand I di Klub bertabur bintang Port FC musim 2018. Saat yang sama pula Yanto Basna hanya bermain di Liga II Thailand Khon Kaen FC.

Berbeda dengan Yanto Basna, kariernya terus menanjak dari Liga II Thailand, naik ke klub kasta atas. Musim pertamanya 2019 di divisi utama Thailand Liga I bersama Sukhothai FC dan finish urutan ke 12 dari 16 klub di Liga 1 Thailand.

Memasuki tahun ketiga di Liga Thailand, Yanto Basna telah menandatangani kontraknya bersama klub utama Prachuap FC yang berada di urutan kesembilan di 2019 Liga I Thailand.

Loading...
;

Pemain kelahiran Sorong, 12 Juni 1995 (usia 24 tahun), ini memperkuat klub Prahuap FC untuk musim 2020. Bintang Timnas Indonesia telah bergabung Prachuap di bawah kuota pemain ASEAN dari Thailand League 1.

Pemain ASEAN lainya adalah pemain depan Filipina Ramsay yang juga telah pindah ke Prachuap Sukhothai FC untuk musim 2020. Dua pemain ASEAN lainya  antara lain, bek internasional Singapura, Baihakki Khaizan, dan pemain depan veteran Laos, Soukaphone Vongchiengkham.

Kapten dan bek tengah timnas Indonesia ini telah menghabiskan musim pertamanya di divisi utama Thailand bersama Sukhothai FC musim lalu. Basna telah membantu mereka finish di urutan ke-12 dalam liga 16-tim. Tetapi sekarang telah beralih ke Prachuap FC yang berada di urutan kesembilan di 2019 Liga Thailand 1

Selama di Liga 1 Indonesia, Yanto Basna memulai karir profesionalnya dengan Mitra
Kukar pada 2014 dengan Persib Bandung, dan Sriwijaya FC di Indonesia sebelum
pindah ke Thailand pada 2018 dengan Khon Kaen di Thailand League 2. (*)

Editor: Dewi Wulandari

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top