Follow our news chanel

Previous
Next

Yapen lakukan pemeriksaan korona dengan metode TCM

Ilustrasi, virus Corona - Jubi/Tirto.ID
Yapen lakukan pemeriksaan korona dengan metode TCM 1 i Papua
Ilustrasi, virus Corona – Jubi/Tirto.ID

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Jayapura, Jubi – Kabar gembira datang dari Kabupaten Kepulauan Yapen, yang pada Rabu (13/5/2020) berhasil memeriksa empat sampel terduga Covid-19 dengan metode tes cepat molekuler atau TCM. Seluruh sampel yang diperiksa itu dinyatakan negatif atau tidak terinfeksi virus korona.

Juru Bicara Satuan Tugas Covid-19 Papua, dr Silwanus Sumule SpOG mengapresiasi keberhasilan Kabupaten Kepulauan Yapen melaksanakan pengujian Covid-19 dengan metode tes cepat molekuler itu. Pemeriksaan sampel orang dengan gejala terinfeksi virus korona itu bisa dilakukan setelah Pemerintah Kabupaten Kepulauan Yapen menerima kiriman cartridge khusus untuk mesin pemeriksaan TB-TCM (Tes Cepat Molekuler).

“Namun secara prosedural harus diverifikasi dulu, untuk memastikan apakah yang dilakukan di Kepulauan Yapen sama dengan yang dilakukan Balai Penelitian dan Pengembangan Kesehatan Papua. Ini prosedur yang harus dilakukan sehubungan dengan pemeriksaan TCM,” kata Sumule di Jayapura, Rabu.

Sumule menjelaskan selama ini ada 11 kabupaten/kota di Papua yang sudah memiliki mesin pemeriksaan TB-TCM (Tes Cepat Molekuler) yang digunakan untuk pemeriksaan pasien TBC. Jika dimodifikasi, alat itu dapat digunakan untuk menguji sampel pasien bergejala terinfeksi virus korona.

“Alat ini dapat juga digunakan untuk pemeriksaan Covid-19, hanya cartridge-nya saja yang diganti. Kami punya 11 alat, hanya kita terkendala cartridge, dan seharusnya saat ini sudah tiba,” kata Sumule.

Juru bicara pemerintah untuk urusan penanganan Covid-19, Achmad Yurianto menyatakan Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 di Jakarta telah mengirimkan 6.300 cartridge khusus agar mesin mesin pemeriksaan TB-TCM dapat digunakan untuk memeriksa sampel pasien dengan gejala terinfeksi virus korona. Cartridge itu dikirimkan ke 64 rumah sakit di 64 kabupaten/kota di 30 provinsi di Indonesia. “Sehingga sekarang Kabupaten [Kepulauan] Yapen pun mampu melakukan pemeriksaan Covid-19 secara mandiri,” ujar Yurianto.

Loading...
;

Selain mendayagunakan mesin TCM, pemerintah juga akan memanfaatkan mesin PCR yang selama ini digunakan untuk melakukan penilaian pengukuran Viral Load pada HIV/AIDS. (*)

Editor: Aryo Wisanggeni G

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top