Yeninar Harap Petugas PPL Dampingi Petani di Supiori

Pantai Kampung Puweri Supiori Utara _ Jubi/Marten
Pantai Kampung Puweri Supiori Utara _ Jubi/Marten

Supiori, Jubi – Kepala Kampung Puweri, Distrik Supiori Utara Kabupaten Supiori, Papua, Semuel Yeninar berharap ada petugas penyuluh pertanian lapangan (PPL) dari Dinas Pertanian kabupaten setempat yang ditugaskan untuk mendampingi petani di kampungnya dan kampung-kampung lain yang ada di Kabupaten Supiori.

“Kita berharap demikian karena petani kita rata-rata masyarakat biasa yang tidak sekolah tinggi dan tidak sekolah pertanian, jadi perlu ada PPL untuk mendampingi mereka supaya berikan pemahaman kepada mereka untuk bagaimana mengolah lahan dengan baik,” kata Yeninar Kamis (17/9/2015).

Yeninar mengatakan dari empat kelompok tani di kampungnya, dua kelompok sudah tidak berjalan lagi karena faktor rendahnya pemahaman para petani sehingga tidak melanjutkan pengolahan lahan pertanian mereka.

Pendamping Petani Yayasan Rumsram untuk kelompok –kelompok tani binaan mereka di Supiori, Amos Yeninar juga mengharapkan ada petugas PPL. “Supaya bisa buka wawasan masyarakat, bangun kesadaran untuk berani berbuat sesuatu tanpa bantuan pihak lain / pemerintah dan ubah perilaku ketergantungan jadi perilaku mandiri,” katanya.

Amos mengatakan dua kolompok tani binaan mereka di kampung Puweri sudah berhasil mengembangkan kelopok tani mereka. Hasilnya mereka sudah beberapa kali memanen hasil pertanian mereka. “Bulan ini satu kelompok yang tanam jagung berhasil panen jagung mereka seluas satu hektar dengan mengundang Kepala Distrik Supiori Utara dan masyarakat,” ujarnya. (Marten Boseren)

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top