Follow our news chanel

Previous
Next

Youtuber ‘Polisi Nunggak Pajak’ diduga mengalami siksaan dan pemerasan di Rutan

Papua
Ilustrasi tindak kekerasan - Pixabay.com.

Papua No.1 News Portal | Jubi

Medan, Jubi Youtuber asal Kota Medan Benni Eduward pengunggah video “Polisi Nunggak Pajak” diduga mengalami penyiksaan dan pemerasan selama ditahan di Rumah Tahanan Polrestabes setempat. Kasus itu diadukan oleh Fitra, istri Benni, ke Ombudsman RI Perwakilan Sumut ditemani mertua dan adik iparnya.

Ia menceritakan suaminya ditangkap polisi pada 18 Agustus 2020. Pada sore harinya, sang suami meminta untuk ditransfer uang sebesar Rp2 juta. “Uangnya ditransfer. Enggak mungkin ada ATM di dalam (RTP Polrestabes Medan). Kita transfer ke mana, yang minta duit siapa, kami enggak tahu,” ujar Fitra, Kamis (8/10/2020).

Baca juga : Polisi didesak bebaskan Youtuber pengunggah nunggak pajak aparat

Bantuan candaan berisi sampah di Bandung diadukan ke polisi

Mahasiswa anti-rasisme : bebaskan semua tahanan antirasisme di Indonesia

Berdasarkan pengakuan suaminya, uang itu untuk kebersamaan selama ditahan. Jika uang tidak ditransfer, Benni dipukuli di RTP Polrestabes Medan. “Waktu itu pernah dipukuli karena kami tidak berikan uang Rp1,5 juta permintaan Bang Benni. Kalau tidak dikirim, suami saya mengaku dianiaya. Tapi kami tidak punya bukti karena sulit bertemu,” kata Fitra menjelaskan.

Loading...
;

Menurut Fitra, jika suaminya memang bersalah, tentunya harus diproses sesuai hukum yang berlaku, bukan malah dianiaya. “Bang Benni juga meminjam uang kepada temannya sebesar Rp1 juta. Saya sudah kebingungan cari duit ke mana. Bang Benni tulang punggung keluarga, saya tak kerja. Bang Benni selama ini juga biayai orangtuanya,” kata Fitra menambahkan.

Menurut Fitra, suaminya masih menelpon meminta agar dikirimi uang. Jika tidak, maka suaminya dianiaya. Tak hanya itu, Fitra mengaku kesulitan bertemu suaminya.

Kepala Ombudsman RI Perwakilan Sumut Abyadi Siregar menduga ada kesalahan administrasi dalam proses penangkapan dan penahanan tersangka.

“Sampai saat ini, informasinya surat perpanjangan penahanan belum ada. Padahal dia sudah ditahan sekitar 50 hari,” kata Abyadi.

Tercatat youtuber Benni Eduward dilaporkan oleh salah satu anggota polisi bernama Johansen Ginting yang keberatan dengan video di akun Joniar News Pekan. Sebab akun tersebut mengunggah video korban dengan menyebut BK 1212 JG 3,7 juta menunggak pajak.

Keduanya ditetapkan sebagai tersangka pada Selasa (18/8/2020) dan dijerat melanggar Pasal 45 ayat (3) dan atau Pasal 45A ayat (1) UU Informasi dan Transaksi Elektronik Subsider Pasal 14 ayat 1 UU RI Nomor 1 Tahun 1946 tentang Peraturan Hukum Pidana dengan ancaman hukuman maksimal 6 tahun penjara. (*)

CNN Indonesia

Editor : Edi Faisol

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top