YPPK Akui Sekolah Pedalaman Mimika Belum Beraktivitas

SD YPPK Potowayburu, Timika. –Jubi/Google
SD YPPK Potowayburu, Timika. –Jubi/Google

Timika, Jubi- Yayasan Pendidikan dan Persekolahan Katolik (YPPK) Tillemans Keuskupan Timika mengakui sebagian besar sekolah di wilayah pesisir dan pedalaman Kabupaten Mimika, Provinsi Papua hingga kini belum beraktivitas.

Ketua Pengurus Wilayah YPPK Tillemans Mimika, Agimuga Paul Weti mengatakan, sebagian sekolah belum beraktivitas karena guru-guru belum berangkat ke tempat tugas mereka.

“Saya mengakui sejumlah sekolah di Manasari, Otakwa, dan Agimuga di wilayah Timur Mimika dan juga sekolah-sekolah di wilayah barat Mimika mulai dari Ipaya sampai Potowayburu belum beraktivitas, kami menghadapi kendala transportasi untuk memobilisasi guru-guru ke tempat tugas mereka,” jelas Paul di Timika, Selasa (9/8/2016).

Ia mengatakan YPPK Tillemans Keuskupan Timika memiliki 29 sekolah dasar yang tersebar di wilayah pesisir Mimika mulai dari Potowayburu, Distrik Mimika Barat Jauh hingga di Distrik Agimuga. Lokasi sekolah-sekolah tersebut hanya bisa terjangkau dengan sarana transportasi laut dan sungai dengan perahu motor.

Saat ini PSW YPPK Tillemans hanya memiliki satu perahu motor untuk digunakan mengangkut guru-guru. Satu unit perahu motor lainnya sudah tenggelam pada Juni lalu.

“Saya tidak berani mengambil risiko untuk mengirim guru-guru ke tempat tugas mereka melalui laut, karena saat ini kondisi ombak sedang tinggi, jadi sangat riskan,” katanya.(*)

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top